Peranan TIK dalam bidang Industri

November 29, 2020

Peranan TIK dalam bidang Industri dan Manufaktur 

Dalam bidang industri, komputer digunakan pada proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD). Gunanya, agar produk yang diinginkan dapat dirancang secara cepat, mudah, dan memiliki ketepatan tinggi. Sebagai contoh, untuk menggambar bentuk desain mobil dibutuhkan waktu yang lama dan relatif sulit apabila dilakukan secara manual. Akan tetapi, dengan program CAD (misalnya, AutoCad) semua itu dapat teratasi. Bahkan, program ini dapat menggambarkan bentuk nyata sebuah desain mobil dilihat dari berbagai sudut (3 dimensi).

Pada tahap produksi, digunakan robot yang d¬kendalikan oleh komputer dengan program Computer Numerical Control (CNC) dan Computer Aided Manufacture (CAM). Bahkan, ujicoba ketahanan kendaraan dapat dilakukan dan disimulasikan dengan komputcr.

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran TIK dalam bidang industri dan manufaktur sangat besar, di antaranya adalah sebagai berikut.

a. Sebagai alat bantu untuk merancang produk baru secara cepat, mudah, dan tepat (akurat).

b. Proses produksi dapat dilakukan dengan sesedikit mungkin tenaga manusia sehingga mengurangi resiko fisik yang dapat dialami oleh manusia.


Contoh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam Industri

Industri manufaktur :
  1. Pengunaan ERP untuk mengatur perencanaan sumber daya.
  2. Mengendalikan mesin – mesin produksi berkecepatan tinggi
  3. Pada bidang industri otomotif berfungsi untuk melaksanakan tugas tertentu dalam jalur  perakitan otomatis. Karena komputer memiliki kemampuan dan ketelitian yang tinggi, serta dapat digunakan secara otomatis.
  4. Perencanaan sebuah produk baru terbantu dengan adanya program desain seperti CAD (Computer-Aided Design).
  5. Industri jasa
    1. Dalam bidang pendidikan misalnya, berbagai hasil penelitian dapat langsung diunggah melalui media internet sehingga dapat dengan mudah digunakan oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia, konsultasi dengan pakar yang berada ratusan mil jauhnya, kelas virtual seperti Binus Online Learning (BOL).
    2. Dalan industri hiburan, seperti pada industri perfilman, efek-efek di dunia akting, animasi, dan penyuntingan adegan film, semua direkam dengan peralatan elektronik yang dihubungkan dengan komputer, untuk industri rekaman, diperlukan pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer.
    3. Pada bidang perbankan, mulai diterapkan e-banking dan sms-banking yang memudahkan para penggguna untuk melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja.
    4. Adanya e-commerce, yaitu perdagangan elektronik yang memanfaatkan internet, seperti olshop yang memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook dan twitter dan fasilitas tracking barang yang dimiliki oleh beberapa perusahaan penyedia layanan pengiriman barang.
    5. Dalambidang kesehatan, misalnya dengan digunakannya robot untuk membantu dalam proses operasi pembedahan, rontgen untuk mengetahui letak penyakit dalam tubuh pasien.
Keuntungan dan Kerugian dari pemanfaatan teknologi  informasi dan komunikasi dalam bidang Industri.

Teknologi memberikan pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan kita sekarang ini, seakan-akan kita tidak hidup teknologi. Memang benar, hidup semakin mudah dengan adanya teknologi, namun tidak dapat dipungkiri, teknologi juga membawa dampak yang negatif bagi kehidupan kita.

Pertama-tama, kita akan membahas mengenai keuntungan dari pemanfaatan teknologi  informasi dan komunikasi dalam bidang industri :

  1. Kemajuan teknologi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dengan tempat lain.
  2. Informasi yang dibutuhkan akan dapat lebih cepat diakses, seperti pada bidang pendidikan, setiap orang dapat mencari referensi literatur sesuai kebutuhannya dengan cepat di internet.
  3. Memungkinkan munculnya inovasi-inovasi baru dala suatu proses industri, seperti contohnya kelas virtual dengan memanfaatkan teleconferencee-banking, dll.
  4. Memudahkan dan memperlancar proses administrasi dalam suatu industri, seperti contohnya adalah mempermudah proses penggajian karena absensi karyawan dan bagian payroll sudah terhubung melalui sistem, sehingga dapat langsung menghitung cuti karyawan dan bonus yang diterima karyawan tersebut.
  5. Mempermudah untuk membuka lapangan kerja, sekarang, banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan hanya dengan mempostingnya secara online.
  6. Munculnya bisnis yang berbasis e-commerce yang mempermudah transaksi-transaksi bisnis perusahaan atau perorangan.
  7. Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs – situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.

 

Sedangkan kerugian yang dapat terjadi akibat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi adalah :

  1. Mudahnya terjadi cybercrime pada jaringan sistem informasi suatu industri, seperti pencurian data, manipulasi data, perusakan data, dll.
  2. Dapat terjadinya pembobolan rekening perusahaan yang dapat menimbulkan kerugian finansial besar.
  3. Mempermudah terjadinya pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), karena semakin mudahnya pengaksesan data, menyebabkan orang yang bersifat plagiariatis akan melakukan kecurangan.
  4. Memberikan akses yang luas untuk transaksi – transaksi yang ilegal karena semakin mudahnya berhubungan dengan dunia luar.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments